Created on Thursday, 18 October 2012 11:11
Category: Berita

MATARAM, alumniITS:
Tiga dermaga apung akan dibangun di objek wisata Tiga Gili (pulau kecil) Trawangan, Meno, dan Gili Air untuk menunjang pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Lombok Utara. Pembangunan tiga dermaga akan dilakukan awal tahun 2013, dengan dana APBN sebesar Rp20 miliar.

"Pembangunan dermaga apung tersebut untuk kapal-kapal kecil yang membawa wisatawan dari Pelabuan Benoa Bali ke objek wisata tiga gili tersebut. Dermaga apung lebih aman dan ramah linkungan, karena kapal tidak perlu buang jangkar yang mengakibatkan kerusakan lingkungan," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi NTB Ridwan Syah di Mataram, Kamis (18/07),

Dilanjutkan  pelabuhan yang sudah dibangun di Pantai Bangsal di Pemenang akan menjadi bagian dari tiga dermaga apung di tiga gili tersebut, sedangkan penggunaannya akan diatur agar semuanya bisa dimanfaatkan dan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Pembangunan dermaga tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dalam rangka pemenuhan infrastruktur dan pelayanan terhadap sektor pariwisata guna menunjang pengembangan sektor pariwisata daerah itu.

Pembangunan dermaga terapung di Trawangan tersebut juga bagian dari rencana kerja dan alokasi anggaran Kemenhub untuk membangun 12 dermaga serupa di beberapa daerah pesisir Indonesia.

Terkait dengan pembangunan dermaga apung tersebut, kata Ridwan, pada 2012 sedang dilakukan Survey Investigation And Design (SID), sebagai bagian dari penyelesaian desain pembangunan dermaga yang tahan lama digunakan oleh kapal pesiar dan kapal cepat (fast boat) berbobot cukup besar.

Konstruksi dermaga apung itu, katanya, terdiri atas bahan kayu, besi, dan beton yang menggunakan teknologi modern, sedangkan spesifikasi jembatan tersebut dibuat elastis, kuat, dan menyesuaikan elevansi pasang surut air laut.

"Dengan konstruksi dermaga tersebut akan menjamin kenyamanan penumpang kapal, seperti konsep dermaga apung yang sudah dimanfaatkan oleh beberapa negara maju, seperti Singapura dan Jepang," katanya seperti dikutip bisnis.com

Ridwan mengaku optimistis dengan dermaga apung tersebut, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tiga gili akan semakin meningkat, terutama yang datang menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Benoa dan pelabuhan lainnya di Bali. (ndy)

Alumni ITS

Jakarta
Royal Palace Building B-11, Jl. prof Dr. Soepomo, 178 A, Jakarta Selatan
Telp : (021) 83708013 Fax : (021) 8314214
Surabaya
Jl. Cokroaminoto 12 A, Surabaya Telp : (031) 5685556, Fax : (031) 5619099
Website : www.alumniits.com
Email : sekretariat [@]alumniits.com